Aneka Macam Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

1 min read

manfaat buah alpukat

Buah hijau yang satu ini terkenal dengan kandungan lemak baiknya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah alpukat memiliki tekstur yang sangat lunak dilengkapi dengan kandungan karbohidrat, serat dan juga protein yang dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Di dalam buah alpukat juga terdapat berbagai macam kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B, Vitamin K, Vitamin E, magnesium, lutein, folat dan juga kalium.

Aneka Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan gizi maka buah alpukat ini pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan ? berikut ini ulasannya.

Cocok untuk Diet

Buat kamu yang lagi diet maka wajib mengonsumsi buah alpukat karena di dalamnya terdapat kandungan serat dan juga karbohidrat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Memang benar di dalam alpukat terdapat kandungan lemak, tapi kamu tidak perlu khawatir karena lemak yang terkandung adalah lemak baik.

Nah, tapi kamu juga tidak boleh makan buah alpukat terlalu banyak karena kalori di dalamnya cukup tinggi sekitar 150-200 kalori setiap buah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari buah alpukat yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan pada buah alpukat terdapat lemak tak jenuh, serat, protein, mineral dan juga aneka macam vitamin yang sangat baik untuk jantung.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah alpukat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan juga mampu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh.

Dengan berkurangnya kolesterol jahat maka sumbatan di area jantung juga ikut berkurang sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Menyehatkan Mata

Bukan hanya wortel, ternyata buah alpukat juga bagus untuk kesehatan mata. Di dalamnya terdapat kandungan lutein dan zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata seperti katarak dan juga degenerasi macula.

Mengatasi Susah BAB

Kandungan serat yang terdapat di dalam buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Kamu bisa mengolah alpukat menjadi jus atau juga bisa diambil dagingnya dan langsung dimakan untuk mengatasi sembelit.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Sebuah studi menunjukan hasil bahwa alpukat yang dicampurkan ke dalam salat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan antioksidan sebanyak 2,6 – 15 kali lipat. Sehingga dapat meningkatkan jumlah gizi makanan nabati yang kamu makan secara bersamaan dengan alpukat.

Menghilangkan Stress

Buat kamu yang lagi stress karena banyak kerjaan atau masalah lainnya, coba deh untuk mengonsumsi buah alpukat. Hal ini dikarenakan kandungan pada buah alpukat dapat mencegah kadar homosistein yang berlebih sehingga dapat meminimalisir stress.

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Supaya kepadatan tulang kamu tetap terjaga maka kamu bisa makan buah alpukat karena mengandung vitamin D, vitamin K dan juga kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa langsung mengonsumsi dagingn alpukat atau bisa juga diolah menjadi jus atau dicampur dengan salad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *