Membahas Berbagai Macam Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

1 min read

manfaat vitamin c

Konsumsi vitamin C yang cukup membuat perlindungan badan dari gempuran penyakit. Tetapi, ini bukan salah satu faedah vitamin C.

Vitamin C adalah gizi fundamental yang konsumsinya perlu disanggupi tiap hari untuk mempertahankan kesehatan badan. Sebagai info, badan memerlukan 75 mg (wanita) dan 90 mg (pria) vitamin c sehari-harinya. Berikut sejumlah faedah vitamin C untuk badan:

Kurangi Resiko Beragam Penyakit

Beberapa riset mendapati faedah mengagumkan vitamin C untuk menahan beragam penyakit. Diantaranya mempertahankan kesehatan jantung, menahan stroke, menahan katarak, turunkan kandungan asam urat, memantapkan tekanan darah tinggi, dan menahan penyakit degeneratif, seperti demensia. Disamping itu, vitamin C berperan untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi, hingga menahan beragam penyakit yang terkait dengan tulang.

Tingkatkan Imun Badan

Seorang yang mempunyai mekanisme ketahanan tubuh yang rendah, akan condong lebih rawan pada gempuran bakteri serta virus yang mengakibatkan beragam penyakit. Vitamin C adalah anti-oksidan yang berperan untuk tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan percepat proses pengobatan saat badan sedang sakit. Bahkan juga, penuhi konsumsi vitamin C tiap hari, bisa menahan beragam penyakit, seperti pilek, batuk, dan demam berdarah.

Membuat perlindungan Sel Badan dari Radikal Bebas

Radikal bebas mengakibatkan kerusakan pada beberapa sel badan yang sehat, hingga menyebabkan beragam penyakit, seperti kanker, kegemukan, dan diabetes. Molekul jahat ini tercipta dari makanan, pencemaran, dan proses metabolisme pada tubuh. Faedah vitamin C sebagai anti-oksidan berperan untuk mencegah dampak negatif radikal bebas, hingga turunkan resiko beragam penyakit akut di atas. Tidak itu saja, vitamin C berguna juga untuk menahan resiko penuaan awal dan membuat kulit muka lebih sehat dan bersinar.

Kurangi Resiko Anemia

Zat besi ialah zat yang diperlukan oleh badan untuk hasilkan sel darah. Sel darah merah berperan untuk mengedarkan oksigen dan gizi ke beberapa sel badan. Bila badan kekurangan zat besi, maka rawan terserang anemia. Salah satunya peranan vitamin C ialah menahan kekurangan zat besi dan berperanan dalam tingkatkan peresapan zat besi untuk membuat hemoglobin, hingga bisa mengedarkan oksigen ke semua organ badan.

Jaga Kesehatan Kulit

Salah satunya peranan vitamin C ialah pembentuk collagen. Collagen adalah tipe protein yang berperanan dalam mempertahankan kesehatan kulit. Peranan collagen, diantaranya menahan penuaan awal, menolong proses penyembuhan cedera, jaga fleksibilitas kulit, jaga keremajaan kulit, dan membuat cerah kulit. Dengan penuhi konsumsi vitamin C tiap hari, karena itu kulit Anda masih tetap kelihatan ceria, muda, dan fresh.

Pembangunan jaringan dan mekanisme pertahanan badan memerlukan konsumsi beragam tipe mineral dan vitamin. Salah satunya vitamin penting yang memberikan dukungan peranan badan yakni vitamin C, atau juga dikenal sebagai asam askorbat.

Vitamin C (namanya lain asam askorbat) terhitung barisan vitamin terlarut air. Badan tidak sanggup menghasilkan dan simpan vitamin C sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu penuhi keperluan vitamin C harian dari konsumsi makanan.

Sumber vitamin C alami selainnya jeruk, diantaranya dapat didapat dari buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan sayur, seperti brokoli, paprika, cabe merah, dan tomat. Sementara sebagai pendamping, kamu dapat konsumsi ekstra vitamin C yang dapat berbentuk tablet vitamin C kunyah, tablet yang dicampurkan di air pil, permen, atau berbentuk suntikan. Tetapi untuk suplemen ini, harus ikuti jumlah yang pas sama sesuai anjuran dari dokter.

Jumlah ekstra vitamin C yang disarankan, yaitu 75 sampai 90 miligram. Konsumsi vitamin C dengan jumlah 500 miligram setiap hari dipandang aman, dan cukup buat mempertahankan kesehatan. Perlu untuk dipahami bila alami infeksi atau saat pembandinghan, keperluan vitamin C akan bertambah karena untuk menolong proses pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *