Penjelasan Lengkap Seputar Anemia

43 sec read

anemia

Anemia adalah suatu kondisi turunnya kadar sel darah merah (Hemoglobin) dalam darah yang normal pada wanita sekitar 12 mg/dl dan 14 mg/dl pada laki laki. Berkurangnya sel darah merah sangat membahayakan tubuh oleh karena sel darah merah berfungsi sebagai sarana transportasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh.

Berkurangnya sel darah merah dapat terjadi akibat keadaan tertentu seperti perdarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkurangnya asupan gizi, terutama zat besi dan lain-lain.

Gejala Anemia

Gejala awal anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah, lelah, kurang energi, kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya ampak pucat.

Pencegahan Anemia

Pencegahan yang terbaik adalah sebelum terjadi anemia, yaitu dengan menjaga agar tubuh selalu tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

Zat besi banyak dikandung dalam makanan baik hewan, sayuran dan buah-buahan, seperti: hati, daging, telur, ikan, kenang, beras merah, kacang-kacangan, apel, jambu, pepaya dan lain-lain. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar tidak terkena anemia.

Kesimpulan:

Cegah Anemia dengan:

  • Makan makanan yang bergizi
  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur (khusus ibu hamil)
  • perilaku hidup bersih dan sehat
  • Istrahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *