Mengenal Penyebab dan Ciri Sakit Jantung

1 min read

penyebab dan ciri sakit jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai peran dalam sistem peredaran darah, yang mempunyai rongga organ ototyang akan memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama secara berulang.

Penyakit jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung tidak berfungsi secara baik, seperti otot jantung yang lemah, adanya celah antara serambi kiri dan serambi kanan.

Begitu banyak diantara kita yang masih belum tahu apa penyebab penyakit jantung, maka sebelum kita mengambil tindakan mengobati sebaiknya lakukan dulu pencegahan. Berikut ini beberapa penyebab penyakit jantung

Faktor Utama Penyebab Sakit Jantung

Tekanan darah tinggi, jika anda termasuk penderita hipertensi sebaiknya lakukan pengontrolan terhadap jantung anda setidaknya 3 kali dalam 1 tahun.

Kadar kolestrol tiggi, salah satu penyebab utama penyakit jantung ialah karena kadar kolestrol tinggi, diketahui bahwa kolestrol tinggi dapat memici pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga menganggu pasokan darah yang masih normal sehingga berdampak ke gagal jantung.

Usia, penyabab jantung ke tiga yaitu usia , rata-rata usia 65 tahun keatas mempunyai peluang menderita penyakit jantung.

Gaya hidup yang buruk merupakan faktor utama timbulnya penyakit jantung seperti sering mengomsumsi alkohol, merokok, tidur tidak terartur. Faktor lainnya yaitu keturunan, jika seorang mempunyai orang tua yang dulunya menderita penyakit jantung maka akan terjadi peluang terjadi juga sama keturunannya.

Dengan melihat beberapa penyebab penyakit jantung diatas, maka seharusnya kita bisa lebih berhati-hati untuk menjaga dan mencitai jantung kita, karena jantung merupakan organ vital pada tubuh kita.

Ciri Seseorang Menderita Sakit Jantung

Tubuh Mudah Lelah

Salah satu ciri atau tanda jika seorang menderita penyakit jantung yaitu mudah lelah atau capek. Lelah wajar saja jika kita melakukan olahraga atau aktivitas lainnya, tetapi apabila kita mudah lelah tanpa melakukan suatu aktivitas maka kita harus mewaspadai, karena dipastikan 70% ciri ini merupakan gejala awal penyakit jantung

Nyeri pada Beberapa Titik Tubuh

Jika anda sering merasakan gejala nyeri pada leher, tulang dada, bahu,rahang, punggung pada bagian atas, maka bisa dipastikan itu gejala awal terkena penyakit jantung.

Keringat Berlebih

jika anda mengalami keringat dibagian tangan , kaki, atau bagian tubuh lainnya tanpa melakukan aktivitas, anda perlu waspadai karena gejala ini termasuk gejala penyakit jantung

Mual dan pusing

Kondisi mual dan pusing secara mendadak dan berlangsung secara terus menerus bisa menjadi indikasi seeorang menderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan berkurangnya suplai oksigen yang mengalir lewat darah yang dipompa oleh jantung.

Sesak Nafas

Pada wanita 58% mengalami gangguan di pernapasan, gangguan pernafasan ini bisa disebabkan karena kelelahan setelah melakukan aktivitas yang begitu berat.

Kecemasan

Pada saat anda stress maka tubuh akan menerima respon saat kondisi cemas, maka kondisi seperti ini akan mengakibatkan serangan jantung mendadak.

Sebelum penyakit ini tejadi pada anda sebaiknya lakukan pencegahan mulai sekarang untuk menghindari terjadi penyebab jantung. Mulai jalani pola hidup sehat, biasakan untuk rutin berolahraga dan hindari kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *