Vitamin C: Penjelasan, Dosis dan Manfaat

3 min read

vitamin c

Vitamin C atau ascorbic acid merupakan nutrisi alami yang dapat diperoleh dari buah dan sayur. Mulai dari jeruk, stroberi, brokoli, kentang, dan beberapa jenis buah serta sayur lainnya. Peran vitamin C dalam tubuh sendiri cukup penting.

Salah satu manfaat vitamin C adalah sebagai nutrisi pembentuk kolagen, yaitu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki tulang, kulit, dan gigi. Meskipun vitamin C dapat diperoleh dengan konsumsi buah dan sayur, namun tubuh juga bisa kekurangan vitamin C. Padahal, kebutuhan tubuh akan vitamin C wajib terpenuhi.

Pasalnya, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Mulai dari anemia, luka menjadi sulit sembuh, hingga gusi berdarah. Pada kondisi tersebut, tubuh membutuhkan tambahan asupan vitamin C selain dari makanan.

Dosis Vitamin C Sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh memang sangat penting. Namun, perlu diketahui bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C per hari harus disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia terkait AKG atau Angka Kecukupan Gizi.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan vitamin C untuk anak di atas usia satu tahun adalah sebanyak 40 – 45 mg per hari. Remaja yang berusia di atas 12 tahun membutuhkan vitamin asupan vitamin C mulai dari 65 – 90 mg per hari. Sementara itu, orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun harus memenuhi kebutuhan vitamin harian sekitar 75 – 90 mg per hari.

Kebutuhan vitamin C memang harus terpenuhi, namun kelebihan asupan vitamin C harian juga perlu dihindari. Ya, kelebihan konsumsi vitamin C memang sangat mungkin bisa terjadi. Hal ini bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan mulai dari yang ringan sampai yang parah.

Beberapa gangguan kesehatan yang terjadi akibat kelebihan asupan vitamin C adalah sakit kepala, batu ginjal, susah tidur atau insomnia, gangguan pencernaan (diare, sakit perut, sembelit, muntah, kembung), penyakit GERD (refluks asam lambung), hingga gula darah naik. Untuk menghindari hal tersebut, maka asupan vitamin C ke dalam tubuh harus memenuhi standar.

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin dengan manfaat yang sangat beragam bagi tubuh. Karena dapat memberikan banyak sekali kebaikan, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan.

  1. Mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas

Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas di dalam tubuh. Molekul radikal bebas dapat terbentuk dari makanan, proses metabolisme tubuh, hingga dari polusi udara. Radikal bebas sendiri merupakan molekul jahat yang akan merusak sel-sel di dalam tubuh. Bahkan, radikal bebas juga bisa membunuh sel-sel sehat yang ada pada tubuh.

Radikal bebas juga seringkali dikaitkan dengan stres oksidatif yang menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Mulai dari diabetes, obesitas, hingga kanker. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C, maka nutrisi tersebut akan membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit kronis tersebut.

  1. Memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C ternyata juga memiliki kemampuan untuk membantu mempercepat pemulihan saat tubuh sedang sakit. Ketika sistem imun melemah dan tubuh mengalami kelelahan, tubuh menjadi lebih rentan terserang oleh berbagai penyakit. Nah, vitamin C inilah yang nantinya akan membantu memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu keluhan yang dapat dicegah dan diatasi hanya dengan mencukupi kebutuhan vitamin C adalah batuk dan pilek. Selain itu, pencegahan dan penyembuhan penyakit demam berdarah juga bisa dimaksimalkan dengan melengkapi kebutuhan nutrisi vitamin C bagi tubuh.

  1. Mengurangi risiko anemia

Vitamin C berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Dengan begitu, maka mencukupi kebutuhan vitamin C sama halnya dengan mencegah tubuh mengalami kekurangan zat besi. Zat besi sendiri merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika mengalami kekurangan zat besi, maka tubuh juga akan kekurangan sel darah merah.

Saat tubuh kekurangan sel darah merah, maka oksigen dan nutrisi lainnya yang seharusnya didistribusikan ke seluruh sel-sel tubuh menjadi berkurang. Inilah yang disebut dengan anemia, yaitu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah akibat rendahnya zat besi.

Saat sel-sel tubuh kekurangan oksigen, umumnya penderita anemia akan mengalami kelelahan. Dengan memberikan asupan vitamin C yang cukup, maka nutrisi ini akan berkontribusi dalam menyerap zat besi yang membantu membentuk hemoglobin sekaligus mengedarkan oksigen secara menyeluruh ke organ-organ tubuh.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Perlu diketahui bahwa vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen. Nah, kolagen sendiri adalah jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah keriput, membantu proses penyembuhan luka, dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, kolagen juga berperan penting untuk memelihara elastisitas kulit, menjaga keremajaan kulit, serta mencerahkan kulit.

  1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C mampu merawat kesehatan tulang, tulang rawan, dan juga gigi. Bukan hanya itu, zat gizi ini juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah. Dalam hal ini, maka vitamin C juga bisa mencegah stroke dan serangan jantung. Bahkan, vitamin C juga diyakini bisa mencegah penyakit empedu dan katarak.

Manfaat lain vitamin C adalah bisa menormalkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar asam urat di dalam darah, serta meminimalisir risiko serangan jantung. Selain itu, vitamin C juga dipercaya memiliki fungsi untuk mencegah demensia. Dari berbagai penelitian tersebut, maka vitamin C terbukti dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis tersebut.

  1. Menurunkan kolesterol

Vitamin C sangat berguna bagi para penderita kolesterol tinggi. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg per hari bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL di dalam tubuh. Low Density Lipoprotein (LDL) dan trigliserida sendiri merupakan kolesterol jahat yang dapat memicu pembentukan plak dalam pembuluh darah.

  1. Meminimalisir risiko penyakit mata

Vitamin C juga diyakini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam askorbat memiliki potensi untuk memperlambat terjadinya katarak pada mata. Sementara itu, penelitian lain menyebutkan bahwa asupan vitamin C dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.

  1. Membantu mengobati flu

Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C memang berperan untuk mencegah dan mengobati flu. Konsumsi suplemen vitamin C bahkan diyakini bisa mengurangi durasi penyakit flu yang dialami oleh seseorang. Banyak studi yang telah membutuhkan hal ini. Oleh karena itu, saat mengalami flu sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

Itu dia aneka manfaat vitamin C bagi kesehatan. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin C. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan. Namun, pastikan untuk memilih suplemen yang direkomendasikan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *