Kumpulan Minuman Herbal untuk Meningkatkan Imun Tubuh

3 min read

minuman herbal untuk daya tahan tubuh

Menjaga sistem imun tubuh menjadi sebuah keharusan agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah terinfeksi penyakit. Tentunya, ada banyak sekali cara yang bida dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, tidur yang cukup, menghindari stres, serta tidak merokok dan minum alkohol.

Selain itu, mengonsumsi minuman herbal juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis rempah yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat dari mengonsumsi minuman herbal tersebut adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu, apa saja minuman herbal yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh?

Inilah, 10 Minuman Herbal untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Indonesia sangat kaya akan aneka jenis minuman herbal dengan beragam manfaat yang ditawarkan. Mengonsumsi minuman herbal dianggap lebih aman dibandingkan mengonsumsi suplemen atau obat-obatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi minuman herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Wedang Uwuh

Minuman herbal ini dibuat dari bahan dasar bernama jahe. Bukan hanya jahe, wedang uwuh juga dikombinasikan dengan cengkeh, kayu secang, pala, kayu manis, serai, kapulaga, serta gula batu. Dengan adanya jahe dan kapulaga, wedang uwuh akan memberikan rasa hangat di dalam tubuh. Tidak heran jika banyak masyarakat yang mengosumsinya pada saat hujan atau sore hari.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berbagai kombinasi rempah di dalam wedang uwuh ini dapat memberikan khasiat yang tak terhitung jumlahnya. Wedang uwuh dipercaya dapat mengobati batuk, pilek, pegal linu, perut kembung, dan pegal linu. Selain itu, wedang uwuh juga bisa menyegarkan tubuh sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Jamu Temulawak

Curcuma xanthorrhiza Roxb atau temulawak merupakan salah satu rempah dengan khasiat yang sangat banyak. Salah satu kandungan dalam temulawak adalah pati. Pati temulawak sendiri mengandung kurkuminoid yang bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh. Rempah yang satu ini memiliki sifat sebagai antioksidan dan antiradang. Dengan mengonsumsi jamu temulawak, maka badan terasa lebih segar karena sistem imun tubuh meningkat.

  1. Teh Jahe Merah

Manfaat jahe merah juga tidak perlu diragukan lagi. Pada jahe merah, terkandung zat berupa shogaol, zingeron, gingerol, dan beberapa kandungan penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan zat aktif tersebut, teh jahe merah dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak heran jika minuman herbal ini sangat digemari.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jahe merah memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Jahe merah diketahui dapat berperan sebagai pereda kejang, peluruh kentut, antimuntah, anti pengerasan pembuluh darah, anti peradangan, peluruh keringat, anti mikroba, anti parasit, anti rematik, dan mampu merangsang pengeluaran getah empedu dan getah lambung.

  1. Wedang Kunyit

Kunyit merupakan antibiotik alami. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa kunyit bekerja efektif untuk menghangatkan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan. Konsentrasi curcumin yang cukup tinggi pada kunyit, membuat bahan herbal ini mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Curcumin dipercaya sebagai penambah imun sekaligus berperan sebagai antivirus. Wedang kunyit juga dipercaya mampu mengatasi kerusakan otot yang terjadi saat olahraga. Untuk membuat wedang kunyit, cukup campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam air hangat. Bisa juga mencampurkannya dengan susu cair dan diminum selagi hangat.

  1. Wedang Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang dapat merangsang sirkulasi darah di dalam tubuh. Mengonsumsi kayu manis akan membuat tubuh terasa lebih hangat dan sistem imun meningkat. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan satu sendok kayu manis dengan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat.

Minuman hangat dari campuran kayu manis dan madu akan membantu menyegarkan kondisi tubuh. Rempah dengan aroma khas ini juga bisa dicampur dengan wedang jahe untuk mengatasi masuk angin. Dengan mengonsumsi minuman herbal ini secara rutin, maka sistem imun tubuh bisa meningkat dan tubuh menjadi sehat.

  1. Wedang Sereh

Wedang sereh tidak kalah nikmat jika diminum dalam kondisi hangat. Untuk membuat wedang sereh, geprek sereh dan jahe. Selanjutnya, rebus jahe, sereh, daun pandan, kayu manis, daun jeruk, dan gula merah secara bersamaan. Tunggu sampai warnanya kecokelatan dan mengeluarkan aroma semerbak. Sama seperti minuman herbal lainnya, wedang sereh mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Wedang Cengkeh

Minuman herbal selanjutnya yang direkomendasikan untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah wedang cengkeh. Cengkeh dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati masalah pernapasan, serta mengatur suhu tubuh. Cara membuat wedang cengkeh yaitu dengan menambahkan dua atau tiga cengkeh ke dalam segelas teh. Mengonsumsi cengkeh secara langsung dengan cara mengunyah juga mampu mengatasi masalah radang tenggorokan.

  1. Teh Kapulaga

Wedang teh yang dibuat dari campuran kapulaga dan cengkeh juga sangat direkomendasikan untuk menghangatkan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun. Minuman herbal ini juga dipercaya dapat membantu mencegah dan mengobati flu.

Cara membuat teh kapulaga adalah dengan merebus dua hingga tiga kapulaga dalam satu cangkir air. Tambahkan satu sendok madu agar minuman herbal ini terasa semakin segar. Sebaiknya, minum teh kapulaga pada malam hari sebelum tidur. Teh kapulaga akan membantu melancarkan pernapasan dan menghangatkan tenggorokan.

Salah satu jenis bumbu dapur ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Diketahui bahwa zat aktif yang terkandung di dalam kapulaga dapat mencegah mual, mengurangi kejang perut, mengatasi rematik, menghilangkan bau badan, serta menyembuhkan radang amandel. Mengonsumsi teh kapulaga dipercaya bisa membuat tubuh terasa lebih rileks.

  1. Kunyit Asem

Kunyit asem menjadi minuman herbal selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun. Minuman herbal ini dipercaya dapat berperan sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi, meredakan nyeri haid, menekan risiko komplikasi jantung, mencegah risiko kanker, dan tentunya meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Teh Lemon Madu

Lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri merupakan zat aktif yang berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan zat aktif dalam lemon dipercaya bisa menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saponin yang terkandung dalam lemon juga berfungsi sebagai antimikroba.

Mengombinasikan antara lemon dengan madu bukan hanya akan membuat rasanya menjadi semakin enak. Pasalnya, madu juga mengandung zat aktif yang berperan sebagai anti jamur dan antibakteri. Nah, cara membuat teh lemon madu sendiri sangat mudah. Cukup campurkan 1 sendok perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu sesuai dengan selera. Cara ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan minuman teh hijau.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi minuman herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk memiliki imunitas yang kuat. Cukup dengan mengonsumsi minuman herbal tersebut tubuh bisa terlindung dari serangan berbagai jenis patogen penyebab penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *