Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

3 min read

meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Saat imunitas tubuh dijaga dengan baik, maka tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Pasalnya, sistem imun akan langsung memberikan perlindungan pada tubuh sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke tubuh.

Maka dari itu, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting agar tidak mudah jatuh sakit. Tentunya, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, cara tersebut terbilang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Lantas, apa saja cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Mengenal Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh adalah cara alami tubuh dalam mempertahankan kesehatan dan menjauhi segala jenis infeksi. Imunitas tubuh memungkinkan tubuh terhindar dari serangan berbagai jenis kuman, virus, atau bakteri penyebab penyakit. Dengan adanya sistem imunitas, maka tubuh bisa melindungi dirinya sendiri ketika ada zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa banyak sel-sel dan organ di dalam tubuh yang saling bekerjasama untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dalam hal ini, sel darah putih atau leukosit memiliki peran sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat. Selain itu, ada pula neutrophil yang berperan dalam melawan dan menyalakan respons untuk melawan bakteri saat menyerang tubuh.

Mengingat pentingnya sistem imunitas tubuh, maka penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk itulah, setiap orang harus senantiasa menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Tidak sulit untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Inilah, 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi saja belum cukup jika tidak seimbang. Artinya, asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan. Berbagai jenis makanan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi. Semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi, maka nutrisi yang masuk ke tubuh juga semakin beragam.

Makan buah dan sayur merupakan langkah untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin. Sementara itu, mengonsumsi gandum atau nasi dapat dilakukan untuk memperoleh asupan karbohidrat. Daging dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan protein bagi tubuh. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar memiliki daya tahan yang kuat.

Istirahat yang cukup

Perlu diketahui bahwa istirahat yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi aneka makanan bergizi setiap hari. Ya, tidur yang nyenyak atau berkualitas memang dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Artinya, istirahat yang cukup juga membantu tubuh lebih siap untuk melawan berbagai patogen penyebab penyakit yang masuk ke tubuh.

Saat tidur, sistem imun tubuh akan mengeluarkan zat yang disebut sitokin. Zat inilah yang akan meningkatkan kualitas tidur dan dibutuhkan oleh tubuh saat mengalami peradangan atau infeksi. Sebaliknya, kurang tidur akan menyebabkan produksi sel T dan sitokin berkurang. Padahal, sel T berperan penting untuk melawan virus.

Itulah sebabnya mengapa kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh dan rentan mengalami sakit. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan tidur harian, yaitu minimal 7 – 8 jam setiap malam. Dengan begitu, maka sistem imun tubuh akan lebih kuat.

Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C ternyata memiliki peran penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, setiap orang dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C agar tubuh tidak rentan sakit. Vitamin C sendiri bisa diperoleh secara alami dengan mengonsumsi buah dan sayur. Jambu, jeruk, kiwi, bayam, paprika, tomat, dan brokoli adalah beberapa jenis makanan sumber vitamin C.

Rutin berolahraga

Kesehatan dan olahraga memang menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Jika ingin sehat dan memiliki daya tahan tubuh kuat, maka wajib hukumnya untuk tidak melewatkan waktu berolahraga. Dengan rajib berolahraga, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan.

Olahraga diyakini bisa merangsang kerja sel darah putih dan antibodi yang berfungsi melawan aneka kuman penyebab penyakit. Berolahraga akan membuat sirkulasi sel darah putih lebih lancar. Hal ini sangat penting untuk mendeteksi keberadaan suatu penyakit di dalam tubuh.

Selain itu, olahraga juga terbukti dapat memperbaiki suasana hati, meringankan stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu berolahraga, minimal 30 menit setiap hari.

Hindari rokok dan minuman beralkohol

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol merupakan kebiasaan yang merugikan kesehatan. Pasalnya, rokok mengandung ribuan zat beracun yang secara perlahan akan mengikis daya tahan tubuh. Perokok sangat berisiko tinggi mengalami infeksi paru-paru, seperti pneumonia dan bronkhitis.

Sama halnya dengan rokok, alkohol juga tidak baik dikonsumsi karena bisa merusak kesehatan organ dalam. Berbagai fungsi organ dalam dapat terganggu jika seseorang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol. Maka dari itu, hindari rokok dan alkohol agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur juga menjadi salah satu rutinitas yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sinar matahari akan membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Meski begitu, berjemur harus dilakukan dengan tepat agar manfaatnya bisa kita dapatkan. Waktu berjemur yang baik adalah pada pukul 08.00 – 11.00 WIB. Tidak perlu terlalu lama saat berjemur, cukup 10 – 15 menit saja.

Hindari stres

Perlu diketahui bahwa stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan produksi hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Jika hal ini berlangsung dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh menurun. Maka dari itu, Anda harus bisa mengelola stres dengan baik.

Berbagai cara bisa dilakukan agar tubuh tidak mengalami stres berlebihan. Agar tubuh dan pikiran bisa rileks setelah bekerja seharian, Anda bisa menyegarkan pikiran dengan membaca buku favorit, menonton film kartun, menyiram tanaman, berolahraga, atau melakukan hobi lainnya.

Konsumsi suplemen tambahan

Selain mengaplikasikan pola hidup sehat, beberapa orang juga memilih untuk mengonsumsi suplemen tambahan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi suplemen tambahan memang diperbolehkan untuk melengkapi pola asupan makan yang kurang bernutrisi. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan kandungan suplemen yang akan dikonsumsi.

Jika ingin lebih aman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait jenis suplemen seperti apa yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai salah memilih suplemen kesehatan karena bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terutama apabila Anda mengalami kondisi medis tertentu.

Nah, itu dia beberapa cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan beberapa cara sederhana di atas, maka tubuh Anda bisa lebih kuat dan sehat. Karena sangat mudah dilakukan, maka tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda menerapkan pola hidup sehat. Segera lakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang agar manfaatnya bisa segera kita rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *