Tips Diet Sehat Tanpa Membuat Badan Lemas

3 min read

diet sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki badan ideal? Hampir semua orang pasti sangat menginginkannya. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk menjalankan program diet untuk mencapai berat badan ideal yang diinginkan. Sayangnya, belum banyak orang yang menerapkan cara diet sehat. Sebaliknya, banyak orang yang menjalankan diet dengan cara makan sedikit mungkin.

Perlu diketahui bahwa menurunkan berat badan dengan cara menahan keinginan untuk makan bukanlah metode diet yang efektif. Jika jumlah makanan yang dikonsumsi terlalu sedikit, maka tubuh akan kekurangan nutrisi dan cairan. Kondisi ini tentunya akan membuat tubuh terasa lemas, bahkan bisa sampai jatuh sakit. Lantas, bagaimana tips diet sehat tanpa membuat badan lemas?

Ini Dia, 7 Tips Diet Sehat Tanpa Membuat Badan Lemas

Rasa lemas, lesu, dan kurang bersemangat memang kerap kali dialami oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Kondisi seperti ini terjadi karena asupan nutrisi tubuh yang sangat terbatas. Padahal, diet yang sehat seharusnya tidak membuat seseorang menjadi lemas dan malas beraktivitas. Nah, berikut ini adalah 7 tips untuk menjalankan diet sehat tanpa membuat badan lemas.

  1. Konsumsi makanan yang membuat kenyang lebih lama

Selain jumlah makanan yang dikonsumsi, kandungan nutrisi pada makanan juga menjadi faktor yang akan membuat rasa kenyang lebih lama. Serat dan air merupakan kandungan dalam bahan makanan yang berpengaruh terhadap rasa kenyang.

Serat sendiri merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sifatnya tahan lama saat berada di daluran pencernaan karena sulit dicerna. Sama halnya dengan jenis karbohidrat lainnya, serat juga dapat menghasilkan kalori dan energi. Meski kalori yang dihasilkan serat tidak terlalu banyak, namun cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis karbohidrat lainnya.

Biasanya, kadar kalori yang tinggi berasal dari makanan berlemak dan mempunyai karbohidrat sederhana seperti tepung dan gula. Sebaliknya, bahan makanan yang rendah kalori biasanya lebih banyak mengandung air dan serat. Nah, beberapa bahan makanan yang kaya akan serat diantaranya adalah kacang-kacangan, daging tanpa lemak, buah, sayur, produk olahan susu, dan gandum.

Selain serat, mengonsumsi ikan dan daging juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat. Pasalnya, bahan makanan tersebut kaya akan kandungan lemak baik yang membantu membuat rasa kenyang lebih lama. Mulai dari EPA, DHA, dan omega-3. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam ikan dan daging juga sangat baik untuk kesehatan otak, jantung, dan kulit.

  1. Batasi kalori dari minuman

Banyak orang yang menahan diri untuk makan dengan alasan diet, namun ternyata mengonsumsi minuman yang banyak mengandung kalori. Pada kenyataannya, jumlah kalori yang terkandung dalam minuman juga bisa tinggi. Bahkan, seringkali dapat melebihi kalori yang terkandung di dalam makanan. Maka dari itu, membatasi kalori dari minuman juga perlu dipertimbangkan dalam diet sehat.

Minuman dengan rasa manis seperti sirup, jus dalam kemasan, minuman kemasan dengan kandungan susu, dan minuman bersoda merupakan sebagian contoh minuman yang mengandung kalori tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman tersebut jika ingin menjalankan program diet sehat.

Sebagai gantinya, Anda bisa minum jus buah segar tanpa gula tambahan. Selain itu, memperbanyak konsumsi air putih juga lebih baik dibandingkan mengonsumsi minuman kemasan yang rasanya manis. Jadi, cukup kurangi konsumsi kalori dari minuman manis tanpa perlu terlalu banyak mengurangi porsi makan.

  1. Jangan lewatkan waktu makan

Diet yang sehat tidak menganjurkan Anda untuk melewatkan waktu makan. Pasalnya, melewatkan waktu makan justru akan cenderung membuat Anda kelaparan. Jika sudah kelaparan, maka tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah. Terutama saat melewatkan makan pagi yang tentunya sangat berdampak para kekurangan energi dan menurunnya performa kerja dalam beraktivitas.

Jika sudah begitu, biasanya akan membuat Anda makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya. Selain itu, melewatkan waktu makan juga umumnya akan membuat seseorang lebih banyak mengemil sampai waktu makan berikutnya tiba. Akibatnya, konsumsi kalori total harian menjadi semakin banyak karena terlalu banyak mengonsumsi camilan.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih bukan hanya akan menghidrasi tubuh saja. Mengonsumsi air putih ternyata juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa meningkatkan asupan air putih sehari-hari berpengaruh pada penurunan berat badan seseorang dari waktu ke waktu. Air putih disebut berperan sebagai diving reflex yang membuat pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lebih efisien.

  1. Jangan lupa olahraga

Seperti yang kita tahu bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Diet yang sehat tentunya harus diimbangi dengan olahraga secara rutin. Sayangnya, banyak yang salah mengartikan dengan berolahraga secara berlebihan agar badannya cepat kurus. Padahal, olahraga berlebihan hanya akan membuat tubuh lemas dan kelaparan karena kehabisan energi.

Jika badan terasa lemas dan lapar, akibatnya akan memicu untuk makan banyak setelah selesai berolahraga. Lalu, berapa lama dan seberapa berat olahraga yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan? Studi menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang selama 150 – 250 menit setiap minggu sudah cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa hanya dibutuhkan olahraga minimal 25 – 30 menit saja per hari untuk membuat berat badan turun. Jadi, tidak perlu berolahraga dengan intensitas terlalu lama dengan alasan agar cepat kurus. Pastikan untuk berolahraga dengan intensitas yang pas.

  1. Perbanyak asupan zat besi

Kekurangan asupan zat besi merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami anemia defisiensi besi. Salah satu jenis anemia yang diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi yang diterima oleh tubuh. Hal ini menyebabkan penurunan sel darah merah atau trombosit di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lemas, mudah lelah, dan mudah pusing.

Agar tidak mudah lemas atau lelah selama menjalankan program diet, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi bahan makanan yang mengandung zat besi. Daging merah tanpa lemak, daging unggas, dan kacang-kacangan adalah beberapa bahan makanan yang tinggi zat besi.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab energi tubuh menjadi cepat habis. Jika kurang tidur, maka badan terasa lemas dan tidak bergairah untuk menjalankan aktivitas. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pola tidur.

Pola tidur yang baik bukan hanya akan membuat badan lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup juga akan membantu menyukseskan program diet sehat yang Anda jalankan. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 – 8 jam di malam hari.

Itulah beberapa tips diet sehat untuk menurunkan berat badan. Meski tujuan utama Anda adalah menurunkan berat badan, namun tetap pastikan untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai tidak makan sama sekali dan membiarkan tubuh kelaparan hanya demi menurunkan berat badan. Percuma jika memiliki tubuh yang ramping dan ideal namun badan tidak sehat. Jadi, pastikan untuk melakukan program diet yang sehat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *