Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget

1 min read

mengatasi kecanduan gadget

Gadget saat ini menjadi benda yang tidak bisa jauh-jauh dari genggaman tangan banyak orang. Pasalnya, dengan gadget kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menggali informasi, tempat berekspresi, atau bahkan digunakan sebagai ladang untuk mencari uang. Berbagai fitur dan aplikasi yang bisa diakses menggunakan gadget memang sangat seru untuk dijalankan.

Sayangnya, keseruan berbagai fitur pada gadget tersebut seringkali membuat banyak orang menjadi kecanduan. Jika sudah mengalami kecanduan, maka seseorang akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget tanpa peduli terhadap aktivitas lain dan orang-orang di sekitarnya. Tentu saja, kecanduan gadget harus segera diatasi agar tidak semakin buruk. Lalu, bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget?

Ini Dia, Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget Paling Ampuh

  1. Perbanyak interaksi dengan teman dan keluarga

Tips pertama untuk mengatasi kecanduan gadget yaitu dengan memperbanyak waktu sosialisasi dengan teman dan keluarga. Saat kecanduan gadget, biasanya seseorang lebih suka menyendiri dan asyik sendiri dengan gadget di tangannya tanpa peduli terhadap orang lain di sekitarnya.

Oleh karena itu, mulailah untuk memperbanyak interaksi dengan orang lain. Sebaiknya, tinggalka gadget saat Kamu sedang berkumpul bersama teman atau keluarga. Gunakan waktu berkumpul tersebut untuk mengobrol atau sekedar bersenda gurau dengan mereka. Ingat, jangan sampai gadget yang Kamu miliki justru menjauhkan dari orang-orang terdekat yang sudah jelas ada di depan mata.

  1. Hapus aplikasi yang membuat kecanduan

Setiap orang pasti mempunyai beberapa aplikasi yang paling disukai. Bahkan, Kamu bisa membuka dan memainkan aplikasi tersebut hingga berjam-jam lamanya. Untuk terbebas dari kecanduan gadget, maka sebaiknya hapus aplikasi yang membuat kecanduan tersebut. Terutama untuk beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak memberikan begitu banyak manfaat.

Dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, maka Kamu bisa mengurangi intensitas bermain gadget. Saat memiliki waktu luang, Kamu tidak memiliki alasan lagi untuk sekedar memeriksa aplikasi-aplikasi yang membuat kecanduan tersebut. Sebagai gantinya, Kamu bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku atau melakukan hal bermanfaat lainnya.

  1. Matikan gadget menjelang tidur

Mematikan gadget pada 30 – 60 menit sebelum tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kecanduan gadget. Meski cara ini akan terasa berat di awal, namun Kamu akan mulai terbiasa jika sudah melakukannya secara rutin.

Dengan mematikan gadget sebelum tidur, maka Kamu tidak akan tergoda untuk memainkan gadget saat menjelang jam tidur. Pasalnya, memainkan gadget ketika menjelang tidur biasanya akan membuat jam tidur semakin larut malam. Maka dari itu, sebaiknya matikan gadget agar Kamu bisa tidur lebih cepat dan lebih lelap. Saat bangun di esok hari, mata, pikiran, dan badan pun akan terasa lebih segar.

  1. Beri batasan waktu bermain gadget

Memberi batasan waktu wajib dilakukan jika Kamu ingin terhindar dari kecanduan gadget. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi waktu memainkan ponsel. Jangan menggunakan gadget di waktu-waktu tertentu. Misalnya pada saat bekerja, makan dengan keluarga, berkumpul dengan teman, menjelang tidur, atau saat sedang berkencan dengan pasangan.

  1. Simpan gadget di dalam tas saat bepergian

Tidak jarang orang yang kecanduan gadget selalu sibuk dengan gadget di tangannya meski sedang dalam perjalanan atau bepergian. Jika gadget tersebut sebenarnya tidak benar-benar Kamu butuhkan, sebaiknya simpan saja di dalam ransel atau tas. Tujuannya adalah supaya Kamu tidak sedikit-sedikit membuka gadget untuk mengecek notifikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Nah, itu dia 5 tips jitu untuk mengatasi kecanduan gadget. Dengan menerapkan tips di atas, maka Kamu bisa segera terlepas dari kecanduan gadget yang bisa berakibat buruk dan mengundang bahaya. Setelah mengetahui apa saja bahaya kecanduan gadget, kini saatnya Kamu mulai melakukan tips-tips di atas agar terhindar dari bahaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *