10 Makanan untuk Penderita Demam Berdarah

3 min read

Makanan untuk penderita demam berdarah

Kasus demam berdarah dengeu atau DBD masih terbilang cukup tinggi di Indonesia. Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang spesifik untuk mengobati penyakit akibat infeksi virus dengue tersebut. Umumnya, perawatan pasien DBD meliputi pemberian obat pereda nyeri atau analgesik, meningkatkan asupan cairan, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi aneka makanan bernutrisi.

Ya, mengonsumsi makanan bernutrisi memang menjadi modal utama dalam proses pemulihan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit DBD. Hilangnya nafsu makan yang dirasakan oleh penderita DBD tentu akan membuat tubuhnya terasa lemas dan hal ini bisa semakin memperburuk kondisi tubuh. Maka dari itu, penderita DBD diwajibkan untuk mengonsumsi makanan sehat agar kondisi kesehatannya semakin membaik.

Inilah, 10 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Demam Berdarah

Saat menderita demam berdarah dengue, pasien akan mengalami penurunan jumlah trombosit darah. Untuk bisa kembali pulih, maka pasien harus memperbanyak konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh. Jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dipercaya dapat meningkatkan produksi trombosit dalam darah. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk penderita demam berdarah.

Jambu Biji

Salah satu makanan yang paling direkomendasikan bagi penderita demam berdarah adalah jambu biji atau jambu merah. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Medicines, diperoleh fakta bahwa nutrisi yang terkandung pada jambu biji dapat merangsang pembentukan trombosit dalam darah.

Jambu biji sendiri merupakan buah yang kaya akan quercetin. Sebuah senyawa kimia alami yang mampu menekan pembentukan mRNA virus, yaitu materi genetik terpenting untuk kelangsungan hidup virus. Saat virus tidak memiliki mRNA yang mencukupi, maka virus tersebut tidak bisa berkembang. Sehingga, pertambahan jumlah virus dalam tubuh bisa ditekan. Untuk itulah, mengonsumsi jambu biji sangat disarankan untuk mempercepat penyembuhan penyakit DBD.

Pepaya

Nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya juga tidak kalah penting bagi pasien demam berdarah. Pepaya merupakan buah dengan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi trombosit dalam darah.

Bukan hanya asam folat, pepaya juga kaya akan vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bisa dimanfaatkan buahnya, kita juga bisa memanfaatkan bagian daun pepaya. Mengonsumsi buah dan ekstrak daun pepaya sangat bermanfaat bagi penderita demam berdarah karena bisa mencegah kekurangan ataupun kehabisan trombosit.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Medical an Health Science Research telah membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya mempunyai sifat sebagai penstabil membran dan mampu melindungi sel darah dari kerusakan yang disebabkan oleh stres pada saat mengalami demam berdarah dengue.

Jeruk

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Memperbanyak asupan vitamin C memang sangat dianjurkan bagi pasien demam berdarah. Vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buah jeruk juga mampu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh yang akan mempercepat proses pemulihan pasien.

Jeruk juga merupakan buah dengan kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi penderita demam berdarah. Pasalnya, asam folat akan membantu meningkatkan produksi trombosit darah. Jika trombosit meningkat, maka penyembuhan pasien semakin cepat. Untuk itu, jangan ragu mengonsumsi jeruk saat mengalami sakit DBD.

Kurma

Rekomendasi makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita demam berdarah adalah kurma. Buah yang rasanya manis dan identik dengan takjil berbuka puasa ini dipercaya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Tidak heran jika pasien DBD sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi kurma.

Kurma mengandung senyawa kimia bernama aquercetin yang terbukti mampu menangkal aktivitas berbagai jenis virus di dalam tubuh. Termasuk virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Untuk itulah kurma sangat direkomendasikan agar gejala-gejala demam berdarah yang dialami oleh pasien bisa segera mereda.

Pisang

Pisang menjadi makanan selanjutnya yang direkomendasikan untuk pasien demam berdarah. Perlu diketahui bahwa beberapa kasus demam berdarah akan menyebabkan pasien mengalami diare. Nah, diare sendiri dapat menyebabkan pasien mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Untuk itulah, mengonsumsi pisang sangat penting karena bisa membantu menggantikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Ikan

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Mulai dari protein, mineral, dan vitamin semua bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam ikan diyakini dapat menyehatkan otot, menjaga kinerja jantung, serta mengatasi kekurangan trombosit dalam darah pada pasien DBD.

Maka dari itu, pasien deman berdarah sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan agar daya tahan tubuhnya tetap kuat. Sebaiknya, ikan diolah dengan cara dikukus dengan tidak menggunakan merica dan cabai bubuk yang berlebihan. Mengonsumsi ikan akan membuat proses pemulihan pasien DBD bisa berlangsung lebih cepat.

Agar-Agar

Makanan lezat yang satu ini ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi pasien DBD. Agar-agar yang terbuat dari rumput laut mengandung banyak mineral, vitamin, dan juga serat yang tinggi. Asupan nutrisi yang terkandung dalam rumput laut tersebut akan membantu menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan mengonsumsi agar-agar, penderita demam berdarah juga tidak akan mengalami kesulitan buang air besar.

Delima

Buah delima memiliki nutrisi yang tidak kalah baik untuk pasien demam berdarah. Nutrisi dalam buah delima berperan penting sebagai sumber energi bagi tubuh, terutama pada saat tubuh terasa kelelahan akibat serangan virus dengue. Karena mengandung zat besi yang cukup tinggi, maka mengonsumsi buah delima juga bisa meningkatkan jumlah normal keping darah di dalam tubuh. Dengan meningkatnya trombosit darah, maka pemulihan demam berdarah bisa semakin cepat.

Daging Sapi

Daging sapi mengandung protein dan mineral yang tinggi. Nutrisi ini sangat penting bagi penderita demam berdarah karena bisa meningkatkan kesehatan jaringan tubuh. Sebaiknya, olah daging sapi dengan cara dicincang dan dimasak menjadi sup hangat. Mengonsumsi daging sapi akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga penderita demam berdarah bisa lebih cepat pulih.

Susu

WHO menyatakan bahwa susu dapat dikonsumsi untuk meringankan berbagai macam gejala yang timbul pada saat mengalami penyakit demam berdarah. Pasalnya, banyak nutrisi penting yang terkandung dalam susu. Minuman sehat ini mengandung elektrolit kalium 156 mg/100 gram, natrium sebanyak 42 mg/100 gram, serta elektrolit lain seperti magnesium fosfor, kalsium, serta zinc. Semua elektrolit tersebut sangat dibutuhkan untuk menjalankan berbagai macam fungsi tubuh.

Nah, itu dia 10 rekomendasi makanan sehat untuk penderita demam berdarah dengue. Dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat, maka proses pemulihan pasien DBD bisa berlangsung lebih cepat. Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, minuman isotonik dan cairan oralit juga bisa dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah yang dialami pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *