Sering Sakit Kepala? Atasi Dengan Cara Ini

1 min read

cara mengatasi sakit kepala

Sakit kepala sepertinya menjadi salah satu masalah kesehatan yang pernah dialami oleh semua orang. Sekali mengalami sakit kepala saja sudah sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika kondisi ini sering terjadi. Pastinya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bukan?

Pada dasarnya, sakit kepala memang tidak selalu penjadi pertanda kondisi kesehatan yang serius. Namun, bukan berarti kondisi ini boleh dihiraukan begitu saja. Jika tidak segera diatasi, maka pusing atau sakit kepala yang sering terjadi bisa membuat pengidapnya menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit kepala yang sering terjadi?

Inilah, 5 Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Sering Terjadi

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Ingat bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri atas cairan. Maka dari itu, sudah semestinya bagi Kamu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, kekurangan cairan juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala atau pusing yang sering Kamu derita.

Oleh karena itu, jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi yang bisa memperburuk kondisi sakit kepala yang sering Kamu alami. Pastikan untuk memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air.

  1. Kurangi konsumsi garam, kafein, dan alkohol

Garam, kafein, dan alkohol merupakan tiga hal yang perlu dihindari untuk mencegah sakit kepala datang kembali. Pasalnya, ketiganya bersifat sebagai diuretik yang menyebabkan meningkatkan kebutuhan tubuh untuk buang air kecil. Akibatnya, kondisi tersebut bisa membuat tubuh semakin banyak kehilangan cairan. Hal ini akan semakin memperburuk sakit kepala yang Kamu alami.

  1. Hindari rokok

Merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang sering Kamu alami. Rokok mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya yang bisa merusak kesehatan. Salah satunya adalah bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala. Untuk itu, sebaiknya hindari rokok agar tidak memperburuk kondisi tubuh yang sering mengalami pusing.

  1. Penuhi waktu tidur

Jika waktu tidur tidak terpenuhi, maka jangan heran jika Kamu akan sering merasakan pusing. Ya, kurang tidur memang menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang paling dialami oleh banyak orang. Kurang tidur dapat memicu masalah kesehatan seperti melemahnya sistem imun.

Bahkan, kurang tidur juga dapa menurunkan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi waktu tidur dengan cukup. Bagi orang dewasa, usahakan untuk bisa tidur selama 7 – 8 jam setiap harinya. Jika rasa pusing menyerang, cobalah ambil waktu untuk beristirahat sejenak karena cara ini bisa membantu meredakan sakit kepala yang melanda.

  1. Rutin olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa memberikan banyak keistimewaan bagi tubuh. Aktivitas ini dapat membantu melancarkan aliran darah, meningkatkan sistem imun, dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Dengan begitu, maka hal ini akan meminimalisir risiko terserang penyakit yang menyebabkan gejala pusing atau sakit kepala.

  1. Konsumsi makanan sehat penambah energi

Sakit kepala yang sering terjadi juga bisa disebabkan karena rendahnya kadar gula di dalam darah. Biasanya, hal ini terjadi saat seseorang melewatkan waktu makan. Untuk terhindar dari sakit kepala yang disebabkan oleh hal tersebut, pastikan untuk makan tepat waktu.

Kamu juga bisa mengonsumsi camilan sehat untuk menambah gula darah dan energi. Pisang dan cokelat bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Saat kadar gula darah terpenuhi, maka pusing yang Kamu alami bisa segera reda.

Itu dia beberapa tips jitu untuk mengatasi sakit kepala yang sering terjadi. Jika telah menerapkan pola hidup sehat seperti di atas, namun sakit kepala masih sering terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, sakit kepala yang terjadi terus-menerus bisa menjadi pertanda terjadinya penyakit tertentu. Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka Kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *