Mengobati Penyakit Flu dengan Cara Alami

3 min read

cara mengobati penyakit flu

Tidak dipungkiri bahwa flu merupakan salah satu penyakit yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Bahkan, setiap orang bisa mengalami flu atau pilek minimal sekali setahun. Apalagi di musim hujan dan musim pancaroba. Meski bisa sembuh dalam waktu yang tidak terlalu lama, namun penyakit flu akan menyiksa penderitanya. Untungnya, ada banyak cara mengobati flu yang bisa dilakukan agar penyakit ini lebih cepat sembuh.

Flu dikatakan bisa menyiksa penderita karena menyebabkan hidung tersumbat, pusing, hingga demam. Akibatnya, orang yang mengalami flu menjadi lesu dan tidak bersemangat untuk beraktivitas. Maka dari itu, sakit flu harus segera diobati agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menggunakan obat-obatan dokter, flu sebenarnya bisa diatasi dengan cara alami. Lalu, bagaimana cara mengobati flu dengan cara alami?

Inilah 6 Cara Mengobati Flu dengan Cara Alami

Perbanyak Minum Air Putih

Ingin flu cepat sembuh? Pastikan untuk memperbanyak konsumsi air putih hangat selama mengalami flu. Bukan hanya berfungsi untuk mencegah dehidrasi, obat flu alami ini juga berperan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat sekaligus melembapkan tenggorokan. Minum air putih hangat memang terbukti akan membuat kondisi tubuh lebih baik selama sakit flu.

Sebenarnya, tidak melulu minum air putih. Anda juga dapat melengkapi kebutuhan asupan cairan dari minuman lainnya. Mulai dari air jahe, jus buah, hingga jus hangat. Namun, pastikan untuk menghindari minuman kemasan dengan kandungan gula yang tinggi. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol serta minuman yang mengandung kafein selama sakit flu.

Hirup Udara Hangat

Menghirup udara hangat juga bisa menjadi obat alami saat mengalami flu atau pilek. Pasalnya, uap hangat bisa membantu mengencerkan lendir dan melemaskan saluran hidung yang bengkak akibat flu. Tentunya, hal ini sangat membantu Anda untuk bernapas lebih lega karena hidung tidak lagi tersumbat. Obat flu alami ini memang terbukti membantu kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Cukup dengan mengisi baskom lebar menggunakan air panas. Selanjutnya, posisikan kepala Anda dengan menunduk tepat di bagian atas permukaan air hangat tersebut. Kemudian, tutupi kepala menggunakan handuk lebar agar uap yang timbul dari air panas tidak menguap ke udara.

Namun, pastikan jarak antara baskom berisi air dengan wajah Anda tidak terlalu dekat selama melakukan metode ini. Jika di rumah ada persediaan minyak esensial, maka Anda bisa menambahkan ke dalam air hangat sebanyak beberapa tetes. Minyak esensial akan memberikan aroma yang bisa menenangkan badan dan pikiran.

Rutin Membuang Ingus dari Hidung

Saat flu, hidung akan dipenuhi dengan ingus yang pastinya sangat mengganggu aktivitas. Jika dibiarkan, maka ingus tersebut akan menumpuk dan kemudian berkerak di saluran hidung. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk mengeluarkan ingus dari hidung secara rutin.

Meski begitu, pastikan untuk melakukan hal tersebut dengan cara yang benar. Mengeluarkan ingus sekuat tenaga justru bisa menyebabkan lendir menuju ke saluran telinga. Padahal, lendir tersebut mengandung banyak kuman. Bukannya hidung menjadi lega, Anda justru bisa mengalami sakit telinga.

Nah, teknik terbaik untuk membuang ingus adalah dengan menekan salah satu bagian lubang hidung saja. Kemudian, denguskan napas lewat lubang hidung yang satunya, namun tidak perlu melakukannya sekuat tenaga. Cukup dengan mendenguskan secara perlahan hingga ingus bisa keluar semua dari hidung.

Perbanyak Asupan Vitamin C

Manfaat vitamin C bagi tubuh tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Nah, salah satu manfaat penting dari vitamin C adalah bisa meningkatkan sistem imun. Itulah yang menjadi alasan mengapa dokter akan merekomendasikan pasien flu untuk memperbanyak asupan vitamin C selama sakit.

Dengan memperbanyak asupan vitamin C, maka sistem imun tubuh bisa meningkat dan membantu Anda cepat pulih dari penyakit flu. Nah, obat flu alami yang kaya akan vitamin C adalah buah dan sayuran. Jeruk, belimbing, lemon, tomat, paprika, jambu, pepaya, brokoli, stroberi, dan kiwi adalah sejumlah sumber vitamin C alami yang sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan flu.

Banyak Istirahat

Apa pun sakit yang dialami, istirahat memang menjadi faktor penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Termasuk saat Anda mengalami sakit flu. Perlu diketahui bahwa flu merupakan penyakit yang bisa menular kepada orang lain. Memaksakan diri untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan banyak orang tentu bisa meningkatkan risiko penularan flu ke lingkungan sekitar.

Maka dari itu, lebih baik untuk memperbanyak istirahat di rumah. Manfaatkan waktu istirahat dengan memperbanyak waktu tidur. Pastikan untuk mencukupi waktu tidur minimal 7 – 8 jam setiap malam. Tidur terbukti menjadi obat alami yang paling ampuh untuk mengobati penyakit flu. Jika terpaksa harus berkerja atau beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk menggunakan masker untuk meminimalisir penularan penyakit flu kepada orang lain.

Konsumsi Makanan Bergizi

Memperbanyak asupan makanan bergizi juga bisa menjadi obat alami penyakit flu. Selama mengalami flu, daya tahan tubuh akan menurun. Oleh karena itu, nutrisi yang berasal dari makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahannya. Dengan mendapatkan asupan makanan bergizi, maka tubuh bisa meningkatkan imunitasnya yang akan mempercepat proses penyembuhan penyakit flu.

Banyak sekali makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat flu. Salah satunya adalah sup ayam. Sup ayam diyakini dapat membantu mempercepat flu karena memiliki efek antiinflamasi. Aroma yang khas dan uap panas dari sup ayam juga berkhasiat untuk membersihkan sinus serta meredakan gejala infeksi pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan.

Lobak, pisang, wortel, blueberry, bawang, dan teh juga menjadi makanan kaya nutrisi yang sangat baik dikonsumsi saat mengalami flu. Pasalnya, bahan alami tersebut berkhasiat untuk meredakan nyeri, menurunkan demam, melawan infeksi, memecah lendir, hingga mengatasi peradangan yang umumnya menjadi gejala penyakit flu.

Minum Obat Flu Alami

Mengobati flu tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan sebagai obat flu yang cukup ampuh. Salah satunya adalah campuran antara teh, lemon, dan juga madu. Minuman alami ini bukan hanya berperan untuk mencegah dehidrasi, namun juga bermanfaat untuk mengatasi flu.

Madu dan lemon sebagai obat flu akan membantu mengobati batuk dan melegakan sakit tenggorokan yang dialami oleh pasien. Selain itu, jahe hangat juga bisa dikonsumsi untuk mengobati flu. Jahe dipercaya sangat efektif untuk melemaskan otot pada saluran pernapasan, sehingga hidung yang tersumbat akan lebih lega dan lancar untuk bernapas.

Itu dia beberapa cara alami untuk mengobati penyakit flu. Dengan melakukan beberapa poin di atas, maka flu yang Anda alami bisa lebih cepat sembuh. Namun, jika flu tidak kunjung sembuh dan kondisinya semakin parah, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mengecek kondisi Anda dan memberikan obat yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *