Mengenal Penyakit Vertigo dan Cara Mengobatinya

2 min read

cara mengobati vertigo

Vertigo merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami pusing dengan sensasi berputar yang muncul tiba-tiba. Jika kondisinya sudah parah, vertigo bisa menyebabkan penderita sulit menjalankan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, vertigo akan menyebabkan disorientasi dan hilang kesadaran. Bahkan, serangan vertigo bisa sampai menyebabkan penderitanya terjatuh.

Ketika vertigo menyerang, penderita bisa mengalami hal yang bervariasi. Mulai dari pusing ringan yang muncul secara berkala atau pusing hebat yang muncul secara tiba-tiba. Serangan vertigo yang parah umumnya memiliki durasi waktu yang lama. Bahkan, hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari. Lalu, apa penyebab vertigo dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyebab dan Gejala Vertigo

Penyebab vertigo yang paling utama adalah adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan tersebut kemudian menimbulkan masalah pada mekanisme keseimbangan tubuh. Selain itu, vertigo juga dapat disebabkan oleh stroke, migrain, perubahan posisi tiba-tiba, obat-obatan tertentu, vestibular neuronitis, dan trauma pada leher dan kepala.

Gejala umum yang dirasakan oleh penderita vertigo adalah pusing berputar. Selain itu, serangan vertigo juga diikuti dengan telinga yang berdengung. Kondisi ini dapat memicu penderita mengalami mual dan muntah. Jika dibiarkan berlanjut, maka penderita vertigo bisa terjatuh karena hilangnya keseimbangan.

Meski sudah berbaring dan menutup mata, penderita akan tetap merasa tubuhnya berputar serta dada berdebar hingga bisa menyebabkan pingsan. Biasanya, serangan awal vertigo hanya berlangsung beberapa jam saja. Namun, vertigo yang tidak segera ditangani akan menyebabkan sering kambuh dan meningkatkan risiko stroke.

Inilah Beberapa Cara Mengobati Vertigo

  1. Hirup minyak esensial

Minyak esensial bisa menjadi obat alami vertigo yang cukup ampuh. Beberapa jenis minyak esensial seperti lemon, lavender, dan pappermint dipercaya bisa membantu meringankan gejala vertigo. Mulai dari pusing, sakit kepala, hingga rasa mual.

Cobalah untuk mengobati vertigo dengan cara menghirup minyak esensial atau mengoleskannya pada kulit. Aroma dan zat-zat yang terkandung dalam minyak esensial akan membantu tubuh lebih rileks sehingga sakit kepala bisa mereda.

  1. Minum teh jahe

Bisa dibilang bahwa teh jahe merupakan salah satu obat alami yang ampuh untuk mengatasi vertigo. Manfaat jahe bagi kesehatan memang sudah dikenal sejak dahulu, termasuk untuk mengatasi mual dan pusing. Jahe diyakini bisa melancarkan peredaran darah, sehingga telinga bagian dalam dan otak bisa mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

Cara mengobati vertigo dengan rempah jahe yaitu cukup dengan menyeduh jahe yang sebelumnya telah diparut terlebih dahulu. Kamu juga bisa memanfaatkan jahe bubuk yang diseduh menggunakan teh atau air hangat. Mengonsumsi teh jahe secara rutin dipercaya bisa mengurangi risiko serangan vertigo di kemudian hari.

  1. Konsumsi kacang almond

  1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab munculnya vertigo. Umumnya, penyebab serangan vertigo yang terjadi pertama kali adalah disebabkan karena stres atau kurang tidur. Untuk itu, sangat penting bagi penderita vertigo untuk menjaga pola tidur. Pastikan untuk selalu meluangkan waktu tidur yang cukup, yaitu 6-8 jam setiap hari. Jika gejala vertigo sudah mulai muncul, sebaiknya segera hentikan aktivitas dan beristirahat sejenak sampai gejala vertigo tersebut hilang.

  1. Penuhi asupan cairan tubuh

Obat alami paling ampuh untuk mengatasi vertigo selanjutnya adalah minum banyak cairan. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab serangan vertigo adalah kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, maka gejala vertigo bisa segera mereda.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengobati gejala vertigo yang belum parah. Namun, pada kasus vertigo yang sudah parah sebaiknya segera mendapatkan penanganan dari dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab vertigo yang dialami oleh masing-masing pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *