Tips Supaya Rumah Bebas Nyamuk

2 min read

rumah bebas nyamuk

Nyamuk menjadi serangga menyebalkan yang hampir ada di setiap rumah. Dikatakan menyebalkan karena gigitan serangga kecil ini bisa membuat kulit terasa gatal. Bahkan, tidak jarang gigitan nyamuk tersebut menularkan penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Maka dari itu, keberadaan nyamuk di rumah harus segera diberantas.

Tentunya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberantas nyamuk di rumah. Namun, pastikan Kamu menggunakan cara yang aman saat mengusir nyamuk di rumah. Lantas, apa saja cara yang harus dilakukan supaya rumah bebas nyamuk? Yuk, simak beberapa tips berikut!

Ini Dia, 5 Tips Supaya Rumah Bebas Nyamuk

  1. Tutut celah udara

Mengingat bahwa nyamuk memiliki ukuran yang sangat kecil, maka serangga ini bisa masuk melalui celah-celah udara yang ada di rumah. Baik melalui celah pintu maupun celah jendela. Maka dari itu, cobalah untuk menutup celah-celah pintu tersebut agar tidak menjadi jalur masuk nyamuk ke dalam rumah. Gunakan kasa atau papan tambahan untuk menutup celah tersebut.

Mengusir nyamuk dengan cara ini dijamin ampuh untuk mengurangi intensitas nyamuk yang masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, maka rumah bisa bebas nyamuk dan tidak mengganggu aktivitas semua anggota keluarga. Untuk meminimalisir nyamuk yang masuk ke rumah, Kamu juga disarankan untuk tidak membuka jendela atau pintu rumah terlalu lama.

  1. Hindari menumpuk baju terlalu lama

Perlu Kamu tahu bahwa tumpukan baju menjadi salah satu tempat favorit bagi nyamuk untuk bersembunyi. Tidak heran jika kita sering menjumpai nyamuk yang berkeliaran di sekitar tumbukan baju. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menumpuk baju terlalu lama. Baik itu baju kotor atau pun baju sehabis dipakai yang digantung di belakang pintu. Sebisa mungkin, hindari menggantung baju atau menumpuknya terlalu lama agar tidak menjadi sarang nyamuk di dalam rumah.

  1. Bersihkan perabotan yang menampung air secara rutin

Genangan air merupakan tempat bagi nyamuk untuk berkembangbiak. Oleh karena itu, pastikan Kamu membersihkan berbagai perabotan di rumah yang menampung air. Contohnya adalah vas bunga, tempat minum hewan, serta bak mandi.

Jika tidak dibersihkan, maka lava nyamuk bisa terus berkembangbiak di genangan air tersebut. Akibatnya, jumlah nyamuk menjadi semakin banyak dan tak terkendali. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan jentik-jentik nyamuk dengan cara membersihkan perabotan yang menampung air secara rutin.

  1. Tanam tumbuhan pengusir nyamuk

Mengusir nyamuk juga bisa dilakukan secara alami menggunakan beberapa jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk. Serai, kemangi, cantip, lavender, daun mint, dan rosemary adalah beberapa jenis tanaman yang dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk.

Tanaman tersebut tidak disukai oleh nyamuk karena memiliki aroma yang sangat kuat dan mengandung zat-zat yang tidak disukai nyamuk. Selain bisa menambah keindahan di halaman rumah, menanam tanaman tersebut juga cukup efektif untuk mengurangi kemungkinan nyamuk yang berkembangbiak di sekitar rumah.

  1. Bersihkan rumah secara rutin

Nyamuk menyukai area yang gelap dan lembap. Maka dari itu, beberapa area di rumah yang memiliki karakter tersebut harus sering-sering dibersihkan. Biasanya, nyamuk sangat suka beristirahat di bawah furnitur, alat-alat yang menggantung, pakaian yang menggantung, tumpukan barang-barang, dan di kamar mandi. Jadi, sebaiknya area tersebut sering-sering dibersihkan.

Selain itu, kondisi halaman di sekitar rumah juga perlu diperhatikan kebersihannya. Sebaiknya, pangkas semak-semak yang bisa menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembangbiak. Selokan yang ada di sekitar rumah juga harus sering dibersihkan. Hindari adanya genangan air di sekitar rumah. Misalnya genangan air pada bekas kaleng, ban, atau benda lainnya.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka rumah Kamu bisa bebas nyamuk. Jika dibutuhkan, maka Kamu bisa menggunakan obat pengusir nyamuk. Namun, pastikan untuk menggunakan obat pengusir nyamuk terebut dengan cara yang baik dan benar agar aman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *