Cara Jitu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

2 min read

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Pandemi virus corona tampaknya belum akan segera berakhir di Indonesia. Pasalnya, angka kasus positif Covid-19 masih terus meningkat di berbagai daerah. Hal ini memaksa kita semua untuk bisa bertahan di tengah pandemi. Untuk terhindar dari penularan virus corona, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat sangat berperan penting untuk mencegah tubuh terinfeksi virus corona. Pasalnya, virus corona umumnya hanya menyerang tubuh yang memiliki imunitas lemah. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi virus Covid-19. Lalu, apa saja cara jitu yang harus dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Inilah, 7 Cara Jitu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

  1. Konsumsi makanan bergizi

Asupan makanan menjadi faktor paling penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah dan sayur menjadi sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, buah dan sayur mengandung banyak vitamin C dan vitamin A yang baik baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, beberapa jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin A dan vitamin C diantaranya adalah jeruk, stroberi, bayam, brokoli, paprika merah, wortel, ubi, serta berbagai buah dan sayuran lainnya. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Saat kekebalan tubuh dalam kondisi baik, maka kecil kemungkinan Kamu akan terinfeksi virus corona.

  1. Hindari stres

Perlu diketahui bahwa stres dapat menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Kortisol sendiri merupakan hormon yang bisa menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindar stres.

Hindari membaca berita hoax di sosial media terkait virus corona yang bisa membuat Kamu semakin stres. Lakukan hal-hal yang menyenangkan selama pandemi agar tidak mengalami stres. Meski harus memperbanyak waktu di rumah saja, Kamu tetap bisa mengatasi stres dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan menanam bunga, memelihara ikan, olahraga, dan kegiatan menarik lainnya.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan dua hal yang wajib dihindari jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Seperti yang diketahui bahwa rokok dapat menyebabkan terjadinya infeksi paru-paru, seperti pneumonia dan bronkhitis. Sementara itu, virus corona juga menyerang saluran pernapasan.

Mengonsumsi alkohol juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Seseorang yang sedang berada dalam pengaruh alkohol biasanya memiliki imunitas tubuh yang rendah. Hal ini bisa menjadi penyebab virus corona mudah menyerang tubuh. Maka dari itu, hindari rokok dan alkohol agar tubuh tetap fit selama masa pandemi.

  1. Istirahat yang cukup

Saat kekurangan jam tidur, maka hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi letih dan lesu. Akibatnya, daya tahan tubuh menjadi melemah. Meski begitu, tidur secara berlebihan juga tidak baik karena bisa menyebabkan tubuh kurang bergerak. Terlalu banyak tidur juga bisa mengurangi daya tahan tubuh.

Maka dari itu, pastikan Kamu memiliki waktu istirahat yang cukup secara kualitas dan juga kuantitas. Bagi orang dewasa, waktu tidur yang baik adalah selama 7 – 8 jam per hari. Sementara itu, anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur selama 9 – 10 jam per hari.

  1. Rajin berolahraga

Olahraga juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, jangan pernah meninggalkan aktivitas yang memberikan seribu manfaat ini. Kamu tidak diharuskan melakukan olahraga berat yang menguras banyak keringat. Olahraga ringan saja sudah cukup untuk membantu tubuh lebih sehat. Misalnya adalah lari pagi, senam, yoga, dll.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Kamu lakukan agar daya tahan atau imunitas tubuh semakin meningkat. Jangan lupa pula untuk memperbanyak konsumsi air agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, pastikan untuk menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah saat bepergian. Dengan begitu, maka Kamu bisa terhindar dari penularan virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *