Tips Jitu Menghilangkan Stress dengan Cepat

2 min read

cara menghilangkan stress

Stres menjadi hal yang sulit dihindari oleh masyarakat di kehidupan modern seperti skrang ini. Dapat dikatakan bahwa setiap orang pasti mempunyai tekanan tersendiri dalam hidupnya. Baik tekanan kecil maupun besar. Tekanan tersebut tentunya seringkali membuat kita menjadi stres. Akibatnya, pikiran menjadi tidak tenang dan kurang maksimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada dasarnya, stres ringan bisa diatasi oleh diri sendiri tanpa perlu meminta bantuan kepada psikolog atau dokter untuk mengatasinya. Menghilangkan stres ringan memang tidaklah sulit jika Anda telah mengetahui bagaimana tekniknya. Bahkan, hanya dibutuhkan waktu singkat sekitar 20 menit saja untuk mengatasi stres. Lalu, bagaimana caranya?

Inilah Tips Menghilangkan Stres dalam Waktu Singkat

  1. Bernapas pada menit pertama

Seorang ahli dari Body/Mind Center for Women’s Health menyatakan bahwa hanya dengan beristirahat selama satu menit saja sudah bisa menenangkan saraf pada sistem otonom tubuh. Nah, sistem saraf otonom sendiri adalah sistem saraf yang berkaitan dengan sistem saraf pusat yang mengendalikan stres.

Pada menit pertama, cobalah untuk menarik napas yang dalam. Hal ini akan meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih tenang. Namun, menarik napas yang dimaksud bukan sembarang menarik napas. Pastikan untuk menarik napas dari diafragma. Bernapas melalui diafragma dipercaya bisa membuat tubuh terasa lebih tenang.

  1. Makan sedikit cokelat pada menit kedua

Berdasarkan Journal Proteome Research, cokelat hitam memiliki kandungan yang dapat membantu tubuh mengurangi hormon stres. Mengonsumsi cokelat hitam berukuran 1,4 ons setiap hari selama dua minggu dipercaya dapat membantu tubuh memangkas hormon tersebut.

Meski cokelat bermanfaat untuk menurunkan hormon stres, namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Tujuannya agar gula darah dalam tubuh bisa tetap stabil. Sebaiknya, konsumsi cokelat tersebut dengan ukuran satu persegi saja. Fokuslah pada kenikmatan dari rasa cokelat tersebut. Hal inilah yang akan membantu menurunkan stres pada tubuh.

  1. Menatap gambar snowflake pada menit ketiga

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Oregon, diketahui bahwa menatap gambar berpola fractal patterns dapat membantu mengurangi respons stres dalam tubuh sebanyak 44%. Menurut para ahli, pola-pola fractal patterns seperti snowflake dapat membantu menenangkan pikiran. Saat pikiran tenang, maka stres pada tubuh bisa berkurang.

  1. Merajut atau Mewarnai pada menit ke-10

Dalam jurnal Nursing Scholarship, diperoleh fakta bahwa melakukan kegiatan seni dan kerajinan dapat membantu seseorang menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, melakukan kegiatan seni seperti merajut atau mewarnai bisa menjadi solusi untuk mengurangi stres.

Jika tidak memiliki keterampilan dalam merajut, maka mewarnai ambar bisa menjadi pilihan yang tepat. Cobalah untuk melakukan kegiatan mewarnai buku gambar untuk orang dewasa. Apalagi, saat ini semakin banyak jenis buku gambar untuk orang dewasa yang sangat menarik.

  1. Minum teh pada menit ke-15

Menghilangkan stres juga bisa dilakukan dengan memberikan asupan teh ke dalam tubuh. Jenis teh yang disarankan oleh para ahli adalah teh hijau. Pasalnya, teh hijau memiliki kandungan theanine dan asam amino derivatif yang berperan dalam mempengaruhi gelombang otak alpha yang menyebabkan kondisi rileks seta perasaan segar.

Dengan mengonsumsi teh hijau, maka dapat meningkatkan rasa rileksasi pada tubuh. Kandungan chamomile pada teh hijau juga berperan untuk meringankan gejala kecemasan. Maka dari itu, teh hijau bisa menjadi asupan rutin yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk meringankan stres.

  1. Pergilah keluar ruangan pada menit ke-20

Saat stres sedang melanda, maka ada baiknya untuk bangkit dari tempat duduk atau tempat tidur Anda. Cobalah untuk pergi ke luar ruangan. Meski terdengar sepele, namun hal ini ternyata bisa meningkatkan kadar norepinephrine dalam tubuh. Sebuah zat kimia ang dapat membantu otak untuk melawan stres.

Melakukan kegiatan di luar ruang juga terbukti bisa meningkatkan energi dan suasana hati seseorang. Sehingga, stres akan hilang seketika setelah melihat suasana luar dan menghirup udara segar di luar ruangan.

Dengan melakukan tips di atas, maka stres yang Anda alami bisa secepatnya hilang atau reda. Meski terkesan sederhana, namun hal-hal di atas telah terbukti bisa membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh seseorang. Alhasil, stres bisa diatasi dengan cepat dan Anda bisa berakivitas kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *