Cara Menghilangkan Migrain Secara Alami dengan Cepat

2 min read

cara menghilangkan migrain

Migrain merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit kepala yang cukup kuat. Rasa sakit tersebut hanya terjadi pada salah satu sisi kepala saja. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu, bahkan bisa menyebabkan penderitanya tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain menyebabkan sakit kepala kuat, migrain juga seringkali menyebabkan penderita mengalami gejala lain seperti rasa mual dan pandangan menjadi kabur.

Meskipun obat menjadi cara terbaik untuk menghilangkan migrain, namun pada dasarnya gaya hidup yang baik juga memiliki kontribusi besar terhadap tingkat keparahan dari migrain yang Kamu alami. Oleh karena itu, memperbaiki gaya hidup dapat menjadi obat migrain yang paling efektif. Lalu, bagaimana cara menghilangkan migrain secara alami?

Inilah Aneka Cara Menghilangkan Migrain Secara Alami

  1. Menenangkan diri

Jika tanda-tanda migrain mulai muncul, sebaiknya segera hentikan aktivitas yang sedang Kamu kerjakan. Carilah tempat atau lingkungan yang tenang dan sepi. Jika memungkinkan, cobalah untuk memejamkan mata sejenak. Pasalnya, migrain seringkali dikaitkan dengan meningkatnya sensitivitas terhadap suara dan cahaya.

Maka dari itu, disarankan untuk berada di lingkungan yang tenang jika tanda-tanda migrain sudah dialami. Menenangkan diri menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi migrain secara alami tanpa obat. Kamu cukup mempraktikkannya dengan beristirahat atau bersantai di ruangan yang tenang dan gelap.

  1. Kompres panas atau dingin

Saat migrain sudah melanda, Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan kompes panas atau dingin. Caranya adalah dengan mengompres area kepala yang sakit hingga area leher menggunakan kompres dingin atau panas. Kompres dingin akan memberikan efek mati rasa pada area yang dikompres. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit pada area tersebut.

Sementara itu, kompres panas dapat membantu mengendurkan otot-otot leher yang menegang. Sehingga, rasa sakit kepala akibat otot yang menegang bisa mulai mereda. Kamu juga bisa mandi menggunakan air hangat karena bisa memberikan efek yang serupa.

  1. Perbanyak minum air

Kurangnya asupan air ke dalam tubuh tentu bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Jika terjadi dehidrasi, maka kondisi ini bisa memicu terjadinya sakit kepala migrain. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih saat migrain sedang melanda.

Selain minum air, Kamu juga bisa menambah asupan air ke dalam tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan air tinggi. Misalnya adalah semangka dan beberapa buah yang mampu meredakan migrain lainnya.

  1. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial juga bisa menjadi bahan alami yang membantu meredakan sakit kepala migrain. Nah, beberapa jenis minyak esensial yang dipercaya mampu mengatasi migrain diantaranya adalah pappermint dan lavender. Menghirup aroma lavender dipercaya efektif untuk meredakan serangan migrain akut dalam waktu singkat.

Sementara itu, mengoleskan minyak pappermint ke area pelipis dan dahi juga dipercaya efektif untuk mengatasi migrain. Penggunaan bahan alami ini juga sekaligus bisa meredakan gejala migrain lainnya, seperti mual. Dengan menggunakan minyak esensial tersebut, maka migrain bisa segera reda tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu.

  1. Lakukan pijat akupresur

Akupresur merupakan praktik pengobatan alternatif yang dilakukan dengan cara menekan titik-titik tertentu pada tubuh menggunakan jari. Pijatan ini akan membantu menghilangkan rasa sakit yang terjadi di beberapa area tubuh. Akupresur dipercaya efektif untuk meredakan sakit kepala kronis, termasuk migrain.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa terapi pijat akupresur dapat menjadi metode alami untuk mengatasi gejala penyerta migrain, yaitu mual-mual. Kamu bisa melakukan praktik akupresur sendiri rumah. Meski begitu, mendapatkan pijatan akupresur dari ahlinya tentu bisa memaksimalkan manfaat yang bisa Kamu peroleh.

Itu dia beberapa cara yang bisa membantu meredakan migrain secara alami. Mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, rajin berolahraga juga bisa menjadi faktor yang bisa mencegah migrain datang kembali. Jadi, pastikan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat mulai hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *