Minuman Vitamin C untuk Meningkatkan Imun Tubuh

2 min read

minuman vitamin c

Menjaga imunitas tubuh menjadi kewajiban semua orang di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan memperbanyak konsumsi minuman vitamin C. Pasalnya, vitamin C merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk membantu tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat-zat radikal bebas.

Mengonsumsi vitamin C merupakan salah satu cara membentengi diri karena terdapat banyak kandungan antioksidan di dalamnya. Tidak harus mengonsumsi suplemen, karena ada banyak minuman alami yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh. Lantas, apa saja minuman vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh?

Inilah 5 Minuman Vitamin C untuk Meningkatkan Imun Tubuh

  1. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C pada buah jeruk tentu sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Saat berbicara tentang vitamin C, jeruk memang menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tertinggi.

Diketahui bahwa dalam secangkir jus jeruk yang berukuran 240 mL, terkandung 138% kebutuhan vitamin C harian. Dengan banyaknya vitamin C yang terkandung di dalamnya, maka jeruk dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan sekaligus menyegarkan. Salah satunya adalah diolah menjadi jus segar.

Selain akan mendapatkan kesegaran jus jeruk saat mengonsumsinya, kita juga akan mendapatkan khasiat berupa meningkatnya imunitas tubuh. Bahkan, vitamin C dalam jus jeruk juga berperan penting untuk membantu proses penyerapan zat besi serta menjaga kesehatan kulit.

  1. Jus Tomat

Selain jeruk, tomat juga menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Dalam 240 mL jus tomat, telah terpenuhi 189% kebutuhan vitamin C harian. Hal ini berarti bahwa mengonsumsi jus tomat dapat meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan inilah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Dengan rutin mengonsumsi jus tomat, maka imun tubuh bisa meningkat. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalam jus tomat juga dapat membantu penyerapan zat besi.

  1. Jus Stroberi

Stroberi menjadi jenis buah selanjutnya yang mengandung banyak vitamin C. Untuk itu, Anda bisa memakan stroberi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus stroberi yang segar. Sebaiknya, hindari menggunakan gula berlebihan agar jus stroberi tetap sehat untuk dikonsumsi.

Dalam secangkir jus stroberi, terkandung 41 mg vitamin C. Artinya, vitamin C pada jus stroberi telah memenuhi 101% kebutuhan harian. Bukan hanya kaya akan vitamin C saja, jus stroberi juga bisa menjadi sumber potasium, serat, magnesium, dan folat yang sangat baik untuk tubuh. Dengan minum jus stroberi secara rutin, maka imunitas tubuh bisa semakin meningkat.

  1. Jus Kiwi

Diketahui bahwa satu buah kiwi mampu memenuhi 115% kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, kiwi juga merupakan buah yang kaya akan serat dan potasium. Baik buah kiwi berwarna kuning atau hijau, keduanya sama-sama memiliki nutrisi yang tinggi. Mengonsumsi jus kiwi bukan hanya akan mendapatkan kesegarannya saja, imunitas tubuh pun akan ikut meningkat.

  1. Jus Melon

Jus melon tidak hanya segar untuk dikonsumsi. Melon ternyata juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Satu cangkir jus melon diketahui mengandung 30 mg vitamin C. Selain itu, melon juga kaya akan vitamin B kompleks serta vitamin K.

Jus melon tentunya sangat segar saat dinikmati secara langsung. Namun, sebaiknya hindari menggunakan pemanis tambahan agar jus melon tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi. Mengonsumsi jus melon secara rutin dipercaya bisa menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi minuman vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Selain kelima minuman vitamin C tersebut, tentunya masih banyak jus buah lainnya yang bisa menjadi sumber vitamin C alami. Pada dasarnya, setiap jenis buah mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, perbanyak konsumsi jus buah untuk meningkatkan imun tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *