Cara Jitu Mengatasi Pegal-Pegal pada Kaki

2 min read

cara mengatasi pegal pegal kaki

Setiap hari, kaki melakukan banyak sekali pekerjaan. Mulai dari berjalan atau bahkan berdiri dalam waktu yang lama. Maka dari itu, sangatlah mungkin kaki akan terasa pegal karena padatnya aktivitas sehari-hari. Saat kaki terasa pegal, Kamu tentu menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Kaki pegal juga bisa menghambat berbagai aktivitas, sehingga masalah ini harus segera diatasi.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pegal-pegal di kaki. Tidak sulit untuk menyembuhkan kaki yang pegal. Bahkan, cara mengatasi kaki pegal sangat sederhana untuk dilakukan. Lalu, apa saja cara jitu untuk mengatasi pegal-pegal pada kaki?

Ini Dia, 5 Cara Jitu Mengatasi Pegal-Pegal pada Kaki

  1. Rendam dengan air hangat

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi pegal-pegal di kaki adalah merendamnya menggunakan air hangat. Meski sederhana dan sangat mudah dilakukan, namun cara ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan kaki yang pegal. Bukan hanya ampuh, cara ini juga sangat aman untuk dilakukan.

Agar semakin maksimal, Kamu bisa menambahkan garam epson ke air rendaman kaki. Garam epson akan membantu meredakan nyeri otot dan bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi di kaki. Cobalah untuk menambahkan satu cangkir garam epson ke dalam bak yang berisi air hangat. Selanjutnya, rendam kaki sekitar 20 menit untuk meredakan rasa pegal.

  1. Beri pijatan pada kaki

Memberikan pijatan pada kaki juga sangat membantu meredakan nyeri pada kaki. Memijat kaki juga dipercaya akan meningkatkan sirkulasi darah di area kaki. Hal inilah yang nantinya akan membantu meredakan rasa pegal pada kaki.

Untuk memberikan pijatan pada kaki, duduklah pada kursi yang nyaman. Lalu, gosok dan pijat kaki bagian bawah. Selain itu, Kamu juga bisa menarik dan menekuk jari-jari kaki untuk memberikan pijatan. Agar semakin nyaman saat pemijatan, Kamu bisa menggunakan minyak atau losion untuk membantu melumasi kulit agar semakin mudah saat memijat kaki.

  1. Kompres dengan es

Kompres es juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi pegal-pegal di kaki. Mengompres kaki menggunakan es akan membantu mengurangi peradangan pada kaki yang menyebabkan rasa pegal. Caranya adalah dengan memasukkan es ke dalam kantong plastik.

Selanjutnya, oleskan kantong es tersebut ke seluruh bagian kaki yang terasa pegal. Kompres area kaki yang pegal cukup selama 5 – 15 menit saja. Lakukan metode ini selama beberapa kali sehari agar dapat mengurangi peradangan yang terjadi di kaki. Kompres es akan membantu menghilangkan pegal-pegal di kaki secara aman.

  1. Gunakan obat pereda nyeri

Jika rasa pegal dan nyeri pada kaki tak tertahankan, maka Kamu bisa menggunakan obat pereda nyeri. Baik obat minum pereda nyeri maupun menggunakan obat pereda nyeri yang dioles. Ada beberapa jenis obat bebas yang dapat Kamu coba untuk meredakan peradangan dan nyeri.

Obat-obatan anti peradangan non-steroid seperti naproxen sodium dan ibuprofen bisa menargetkan peradangan dan rasa sakit pada kaki. Selain itu, obat-obatan seperti acetaminophen juga ampuh untuk mengatasi rasa sakit di kaki. Kamu mungkin harus mengonsumsi obat ini selama beberapa minggu agar radang pada kaki yang sudah berlangsung lama bisa benar-benar reda.

  1. Lakukan peregangan

Beberapa latihan peregangan juga bisa Kamu coba untuk mengatasi pegal-pegal pada kaki. Peregangan bisa dilakukan pada tumit, jari kaki, atau seluruh kaki. Latihan peregangan bisa dilakukan untuk mencegah kram kaki dan meningkatkan fleksibilitas.

Salah satu peregangan yang bisa dilakukan adalah latihan jari kaki. Caranya dengan menekuk jari-jari kaki, kemudian diluruskan dan ditekuk kembali selama beberapa detik. Ulangi latihan ini sebanyak sepuluh kali. Latihan sederhana seperti ini bisa membantu meredakan nyeri pada kaki.

Nah, itu dia beberapa cara jitu untuk mengatasi pegal-pegal pada kaki. Sangat mudah dilakukan bukan? Oleh karena itu, kini tidak perlu khawatir lagi saat kaki terasa pegal akibat kelelahan setelah beraktivitas seharian. Cukup lakukan beberapa cara di atas untuk mengurangi rasa pegal pada kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *